latihan marketing

Latihan Marketing
10 bdp
Nama : Ramandha rizkita



1. Jelaskan Pengertian Segmentasi Pasar, dan sebutkan tujuan 
    dilakukannya segmentasi pasar oleh perusahaan

2. Dalam melakukan segmentasi pasar harus memenuhi kriteria sbb:
    a. Measurable
    b. subtantial 
    c. Accesible
    d. Diferentiable
    Jelaskan dengan singkat dan jelas masing-masing kriteria tersebut

3  Diantara penetapan segmentasi pasar ada yang berpedoman pada:
    a. Preferensi Pelanggan 
    b. Sensitifitas harga
    Jelaskan dengan singkat dan jelas masing-masing segmentasi 
    tersebut berikan contohnya.

4. Jelaskan maksud pengelompokan segmentasi pasar berdasarkan 
    a. Demografis
    b. Geografis

5. Jelaskan hubungan Segmentasi Pasar dengan Analis Pasar.


 JAWABAN..

1. Segmentasi pasar adalah proses membagi calon konsumen potensial ke dalam kelompok, atau segmen, berdasarkan karakteristik yang berbeda.Tujuannya yaitu 
 1. Memudahkan Dalam Membedakan Pasar
 2. Pelayanan Konsumen Menjadi Lebih Baik
 3. Strategi Pemasaran Lebih Terarah
 4. Mengenal Kompetitor dengan Segmen yang Sama
5. Evaluasi Target dan Rencana Bisnis

2. A.Measurable (Terukur) Segmen pasar harus diukur berdasarkan nilai atau volume penjualan.
        Riset pasar yang andal harus mampu mengidentifikasi ukuran segmen pasar hingga tingkat akurasi yang masuk akal, sehingga ahli strategi kemudian dapat memutuskan apakah, bagaimana, dan sejauh mana mereka harus memfokuskan upaya mereka pada pemasaran ke segmen ini.
     
    B.Substantial (Substansial) Sederhananya, tidak akan ada gunanya membuang anggaran pemasaran dalam pasar yang tidak cukup besar, atau memiliki daya beli negatif. Segmen pasar yang layak adalah dari kelompok yang homogen dengan karakteristik yang jelas seperti kelompok usia, latar belakang sosio-ekonomi dan persepsi merek. Hal yang “musiman” juga penting di sini.

    C.Accessible (Dapat diakses) Ketika melakukan riset terhadap segmen pasar, penting untuk mempertimbangkan bagaimana audiens  dapat mengakses informasi tersebut.

    D. Differentiable (Dapat dibedakan) Segmen pasar yang ideal di sisi internal harus homogen,namun secara eksternal adalah heterogen.

3.   A.Preferensi Pelanggan – Preferensi pelanggan seperti persepsi bahan makanan. Misalnya, merek saus salad dengan semua bahan alami untuk pelanggan yang tidak menyukai bahan yang terdengar seperti bahan kimia.

      B.S
ensitivitas harga – Di luar penghasilan, orang memiliki kepekaan harga yang berbeda dibandingkan dengan kategori produk. Misalnya, konsumen iphone yang membeli smartphone tersebut dengan harga yang kebanyakan orang bilang cukup mahal, namun tidak bagi para pecinta produk Apple yang tahu kelebihannya.

4. A. Segmentasi Pasar berdasarkan Demografi
      Pada segmentasi ini pasar dibagi menjadi kelompok-kelompok dengan dasar pembagian usia, jenis kelamin, tingkat ekonomi, dan tingkat pendidikan.

   B. Segmentasi Pasar berdasarkan Geografi
Pada segmentasi ini, pasar dibagi ke dalam beberapa bagian geografi seperti negara, wilayah, kota, dan desa. Daerah geografi yang dipandang potensial dan menguntungkan akan menjadi target operasi perusahaan.

5. Segmentasi pasar : penggelompokan pasar menjadi berkelompok yang homogen dimana setiap kelompok dapat dipilih sebagai pasar dituju dan
     Analisa pasar         : untuk membantu management mendefinisikan siapa aja yang akan mengrogoti pasar produknya 

Comments

Popular posts from this blog

SOAL 10 BDP (MARKETING)

STRATEGI PEMASARAN DAN PROMOSI MARKETPLACE

PENGERTIAN PASAR