Melakukan Analisa Pasar Menggunakan Aplikasi google form

 Tanggal 1 Februari 2021


Materi Pelajaran

1. Melakukan Riset Primer

Jenis riset yang akan kita lakukan yaitu riset primer berfokus pada informasi langsung dari konsumen. Kenapa riset ini penting? Sebab, Anda akan mendapat informasi yang berasal dari pengguna produk secara langsung. Informasi tersebut bisa berupa pendapat, ide, serta masukan secara komunikasi online agar produk sesuai kebutuhan mereka. 


Riset primer sangatlah penting sehingga Anda harus mempersiapkannya secara matang. Mulai dari memastikan calon konsumen sesuai pengembangan yang akan dilakukan hingga pertanyaan yang mewakili tujuan riset Anda.


Idealnya, riset primer dilakukan secara bertatap muka agar bisa membangun hubungan yang baik. Namun, jika terkendala, Anda bisa melakukannya secara online. Bisa melalui formulir, telepon, email, dan lainnya. Riset pasar ini menghasilkan data berupa angka. Jadi, Anda berusaha mengetahui trend penggunaan produk. Baik dari sisi jenis produk, harga, desain, dan ukuran lainnya. 


Sebagai contoh, jika bisnis Anda bergerak di bidang fashion, Anda bisa melakukan riset tentang warna favorit pelanggan. Anda bisa menanyakan warna kesukaan mereka secara umum atau per produk. Dengan demikian, Anda bisa memproduksi lebih banyak produk sesuai warna yang paling diminati. 


2. Tujuan penggunaan google form


Ketika masuk ke halaman dashboard Google Form, kamu akan menemukan beberapa templat rekomendasi yang bisa digunakan untuk membuat formulir. Namun, selain beberapa rekomendasi Google, ada beberapa fungsi Google Form lain yang bisa kamu manfaatkan, misalnya:


Formulir pendataan informasi kontak. Biasanya informasi ini digunakan untuk mengoleksi data berupa email demi tujuan pemasaran atau informasi kontak keanggotaan.

Formulir pendaftaran kerja. Tanpa perlu membuat formulir menggunakan format sejenis Google Docs, kamu hanya perlu memasukkan pertanyaan dan jenis jawaban kandidat karyawan yang kamu inginkan.

Formulir pendaftaran/reservasi suatu acara/event. Tanpa perlu mengirimkan format pendaftaran secara manual, kamu bisa mengirimkan link yang berisi formulir untuk meminta data, bahkan memberikan informasi yang diperlukan dari Google Form.

Formulir berisi kuesioner. Kuesioner bisa untuk berbagai tujuan, seperti kritik, saran, pertanyaan, umpan balik (feedback) untuk evaluasi, bahkan untuk penelitian ilmiah.

Formulir submit lomba. Menggunakan pilihan “File upload”, kamu juga bisa menggunakan formulir Google Form untuk mengumpulkan file yang dibutuhkan, baik untuk perlombaan, perekrutan karyawan, atau apa pun sesuai keperluanmu.

Formulir pembelian produk. Tanpa perlu melakukan pencatatan manual, kamu bisa menyertakan Google Form juga untuk para pembeli produkmu. Akan lebih baik lagi jika kamu menggunakan website toko online agar pembeli bisa langsung melakukan pembelian dan data mereka pun otomatis tersimpan di database-mu.

3. Cara Membuat google form


Sebelum memulai cara membuat Google Form, kamu harus terlebih dulu mempunyai akun Google yang bisa dibuat gratis di Google Accounts. Jika sudah mempunyai akun di Google, akses Google Form dari menu di Google Drive lalu klik “New” di sebelah kiri atas seperti gambar.


cara membuat google form akses google form 1

cara membuat google form akses google form 2

Setelah muncul beberapa pilihan layanan Google, pilih “Google Forms” dan kamu sudah bisa mulai membuat Google Form sesuai keperluanmu.


Jika ingin cara yang lebih mudah, kamu bisa mengklik link Google Form ini.


Setelah berhasil masuk, ikuti cara membuat Google Form berikut:


Tentukan tujuanmu membuat formulir, di contoh ini adalah pendataan peserta perjalanan ke Pulau Pahawang. Setelah itu, berikan judul formulir dan deskripsi yang mewakili tujuan formulir.cara membuat google form judul dan deskripsi

Buat daftar pertanyaan untuk mendata jawaban yang kamu butuhkan. Ada beberapa jenis jawaban yang bisa kamu pilih, seperti jawaban pendek, panjang, pilihan ganda, checkbox, tanggal, waktu (jam), unggah file, dan sebagainya, yang akan menentukan jenis respon pengisi formulir.Di contoh berikut, kita akan mencoba mengambil data peserta menggunakan fitur yang disediakan Google Form, seperti nama, jenis kelamin, pilihan layanan, jadwal keberangkatan, dan sebagainya.cara membuat google form buat pertanyaan

Klik icon “+” di sebelah kanan untuk menambahkan pertanyaan baru.cara membuat google form pertanyaan baru

Kamu bisa menentukan apakah pertanyaanmu wajib dijawab atau tidak. Fitur ini bisa mempermudah kamu mengoleksi informasi penting yang diperlukan, seperti nama atau nomor telepon. Nantinya, akan muncul bintang merah di dekat pertanyaan yang wajib dijawab pengisi formulir.cara membuat google form pertanyaan wajib diisi

Kamu juga bisa menambahkan gambar dengan mengklik icon seperti pada kotak merah di gambar berikutcara membuat google form add image

Di pilihan ganda atau checkboxes, kamu bisa menambahkan pilihan bebas yang bisa diisi sendiri oleh pengisi formulir, caranya dengan mengklik ‘add “Other”’ seperti yang ditandai kotak merah pada gambar berikut.cara membuat google form add other

Ada beberapa jenis jawaban lain yang bisa kamu minta ke pengisi formulir sesuai kebutuhanmu, seperti skala linear yang biasanya digunakan untuk kuesioner atau unggah file (File Upload) untuk meminta data berupa konten visual, audio, atau video.cara membuat google form jenis jawaban

Jika diperlukan, jangan lupa meminta informasi pribadi untuk bertukar informasi seperti nomor telepon, akun media sosial, atau email.cara membuat google form request more info

Kamu juga bisa membagi section pertanyaan sesuai keperluanmu. Caranya, klik icon yang terletak di paling bawah seperti di gambar berikut, lalu masukkan judul dan deskripsi baru untuk section baru ini.cara membuat google form add section

Setelah formulirmu jadi, kamu bisa melakukan preview dengan mengklik icon mata seperti pada gambar berikut dan halaman yang dituju akan muncul di tab baru.cara membuat google form preview

Jika ingin mempercantik tampilan formulirmu, kamu bisa mengedit tampilannya dengan mengklik icon palet cat seperti pada gambar berikut.cara membuat google form edit tema

Usai membuat Google Form, kamu bisa membagikan formulirmu melalui beberapa media, seperti email, link Google Drive, atau menambahkan embed di website, ini caranya:


Melalui email atau link:

Klik tombol “Send” di sebelah kanan atas seperti pada gambarcara membuat google form share by email

Setelah itu, akan muncul pilihan media membagikan formulir, “Send via”. Pilih icon surat untuk pengiriman melalui email dan icon rantai untuk membagikan dalam bentuk link atau tautan.cara membuat google form email or link

Melalui embed ke website:

Klik tombol “Send” di sebelah kanan atas seperti pada gambarcara membuat google form share by

Pilih pilihan paling kanan dengan icon “<>”. Jika perlu, atur ukuran (dalam piksel) formulir yang akan ditampilkan di website-mu, lalu salin link yang tertera.cara membuat google form share by embed

Login ke halaman dashboard WordPress website-mu. Lalu pilih “Appearance” dan klik “Widgets”.cara membuat google form embed wordpress widget

Klik “Custom HTML” dan pilih di manakah kamu ingin meletakkan formulir ini, lalu klik “Add Widget”.cara membuat google form add widget custom html

Isi judul dan tempelkan (paste) tautan yang telah disalin tadi ke kolom HTML, setelah itu klik “Save”.cara membuat google form paste and save

Jika diikuti dengan benar, seharusnya kurang lebih formulirmu akan terlihat seperti ini (tampilan dapat berbeda sesuai tema website yang digunakan dan ukuran yang diatur pada langkah ke-2 tadi).cara membuat google form all set

Jika sudah selesai membuat Google Form, membagikan formulirmu hingga mengumpulkan data yang kamu perlukan, kamu bisa segera mengecek hasil respon pengisi formulir di menu Response, ikuti cara mudahnya:


Di halaman dashboard Google Form, pilih “Responses”. Hasil respon ini nantinya bisa kamu lihat dalam bentuk ringkasan (summary), per pertanyaan, atau jawaban per individu. Gunakan sesuai keperluanmu.cara membuat google form checking responses

Kamu bisa segera menginput data ke Google Spreadsheet atau mengirim hasil respon ke format lain, seperti .csv atau segera mencetak hasil respon yang sudah ada.

Ternyata, cara membuat Google Form memang mudah, ‘kan? Selain mudah, apakah penjelasan di atas cukup lengkap? Selain untuk mengumpulkan feedback dalam bentuk kuesioner, ternyata Google Form juga mempunyai beberapa fungsi lain yang tak kalah penting.


Demikian materi tentang cara membuat Google Form ini. Jika ada pertanyaan atau saran, silakan tinggalkan di kolom komentar, ya! silahkan chat di group diskusi bisnis online XI BDP. Selanjutnya kerjakan tugas untuk melakukan analisa pasar olshop masing-masing.

Comments

Popular posts from this blog

SOAL 10 BDP (MARKETING)

STRATEGI PEMASARAN DAN PROMOSI MARKETPLACE

PENGERTIAN PASAR