Cara Mempertahankan Loyalitas Konsumen Dalam Bisnis Online
B. Tujuan Pembelajaran
Agar merealisasikan kemampuan dan keterampilan dalam mempertahankan loyalitas konsumen pada kegiatan bisnis sesuai dengan kondisi yang sebenarnya, dengan menerapkan konsep purna jual dan pelayanan prima.
Tujuan yang dibuat dengan rekam suara agar siswa yang membaca materi secara membaca, dan tidak menyalin paste dari teks yang ada atau salin dari pesan.
C. Materi Pelajaran
Konsumen adalah salah satu faktor terpenting yang terpenting dalam kehidupan bisnis, bahkan aset berharga bagi kelangsungan sebuah bisnis termasuk bisnis online. Selain harus mampu memasarkan produk ke konsumen baru, sebagai pembisnis juga harus mampu mempertahankan konsumen lama agar tetap setia dengan produk / jasa yang dijual perusahaan.
Apalagi di era digital saat ini, setiap konsumen semakin memilih toko online yang sesuai dengan kriterianya. Jika produk dan pelayanan bisnis online kamu mengecewakan, maka konsumen pasti langsung beralih ke toko lain yang gaya lebih baik.Untuk itu, seorang pembisnis harus selalu membuat konsumen setia dengan toko online yang kita usahakan.
Berikut ini cara yang dapat dilakukan untuk mempertahankan loyalitas konsumen.
1. Utamakan Kualitas Produk
Sebagian besar konsumen bisa setia karena puas dengan kualitas produk. Dalam bisnis online, gambar dan deskripsi produk yang kamu tampilkan di situs web atau media sosial harus sama dengan permukaan. Sehingga saat konsumen dapat, mereka tidak merasa tertipu. Anda harus menjaga mutu produk yang kamu tawarkan sesuai ekspektasi konsumen.
2. Perhatikan Pelayanan Sebelum dan Sesudah Transaksi
Seringkali pebisnis hanya fokus pada pelayanan sebelum transaksi. Namun, diberikan secara menyeluruh hingga pembelian. Tunjukkan bahwa kamu memperhatikan kepuasan konsumen, bukan hanya mengincar penjualan. Terus bangun komunikasi yang baik dari awal penawaran hingga saat konsumen mendapatkan produk kamu.
3. Minta Masukan dari Konsumen Mengenai Produk Kamu
Setelah konsumen menerima produk yang dikirim, selanjutnya menghubunginya untuk terima kasih sekali lagi, sekaligus meminta maaf atau mengirim kepuasan konsumen melalui email. Jika ada kekurangan, kamu bisa meminta maaf dan meminta konsumen untuk meningkatkan kualitas produk dan pelayanan.
4. Mengatasi Keluhan Konsumen dengan Baik
Jika ada konsumen yang komplain, kata maaf saja biasanya tidak cukup. Kamu harus mengatasi dengan tuntas. Dengarkan keluhannya dan berikan solusi sesuai dengan kebijakan toko online kamu. Hadapi setiap keluhan dengan yang bijaksana dan peduli konsumen yang kecewa bisa kembali merasa puas. Lakukan penanganan komplain pelanggan dengan cepat kooperatif dan akurat, jika perlu memberikan loyalti sebagai rasa kekecewaan konsumen
5. Manfaatkan Teknologi untuk Membangun Komunikasi
Manfaatkan teknologi untuk promosi sekaligus membangun komunikasi dengan konsumen. Seperti mengirimkan email bulanan yang berisi informasi terbaru dari bisnis kamu, atau bisa juga mengirimkannya melalui WhatsApp, LINE, dan SMS. Selain itu, kamu bisa coba berteman dengan konsumen di media sosial dan aktif membagikan konten yang menarik. Selain itu, bangun komunikasi yang baik dengan konsumen, sehingga konsumen tidak berpaling ke toko online produk yang sama atau serupa. Pertahankan loyalitas konsumen sebisa mungkin !. Ingat konsumen adalah aset bagi perusahaan.
6. Berikan Penawaran Spesial Bagi Konsumen yang Royal
Konsumen yang royal sangat berhak mendapatkan apresiasi apresiasi dengan memberikan penawaran spesial. Seperti memberikan diskon 10% sd 20% bagi konsumen yang sudah lebih dari 3 kali melakukan transaksi, atau dikasih suvenir agar konsumen merasa senang dan memberikan pengalaman yang berasal dari pengalaman yang berubah.
7. Buat Kegiatan Bersama Konsumen
Jika memungkinkan, coba buat kegiatan bersama konsumen. Seperti mengadakan acara kopi darat atau acara secara berkala. Meski kamu menjalankan bisnis berbasis online, membangun komunitas dan menjalin hubungan di dunia nyata juga bagus untuk mempertahankan konsumen. Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mempertahankan konsumen. Tingkatkan terus kualitas produk dan pelayanan kamu untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen.
8. Hak Istimewa Khusus Pelanggan Setia
Anda dapat memberikan hak istimewa khusus yang diberikan pada pelanggan yang secara berkala sering melakukan transaksi dengan toko online Anda. Misalnya Anda dapat memberikan hadiah secara berkala pada saat-saat tertentu seperti pada hari ulangtahun pelanggan, maka pelanggan akan merasa istimewa dan diperhatikan oleh toko online yang Anda miliki. Hal ini bertujuan agar kepercayaan kepercayaan pelanggan meningkat, sehingga dapat membuat semakin setia untuk bertransaksi dengan Anda.
9. Pantau Kepuasan Pelanggan
Banyak konsumen berpindah bukan karena produk dan layanan tak memuaskan, namun karena mereka tidak merasa diapresiasi. Cara paling tepat untuk mempertahankan pembelian selanjutnya adalah dengan mengikuti perkembangan konsumen dan menawarinya berbagai layanan yang Anda miliki. Anda juga dapat menjawab konsumen mengenai produk atau layanan terbaru dengan harapan mereka tertarik dan datang untuk melakukan transaksi.
10. Dengarkan Opini dan Saran dari Pelanggan
Untuk bisnis online yang sedang berkembang maupun yang sudah sangat sukses, penting untuk mencari tahu tentang apa yang dilayani dan tidak masuk oleh pelanggan. Catatlah keluhan-keluhan pelanggan agar Anda dapat menciptakan solusi yang akurat untuk memperbaiki kualitas toko online Anda. Selain itu, pelanggan akan puas terhadap pelayanan dan produk yang ditawarkan pada mereka.
Comments
Post a Comment